Sabtu, 05 Juli 2014

UPGRADABLE SISTA

Dulu, sebagai anak pertama, saya berpikir, bahwa saya memiliki kemampuan yang lebih dibanding adik saya, Mila. Seriusan. Menurut saya, dan beberapa orang yang tidak dapat saya sebutkan namanya (haha) saya lebih berani dari dia, lebih cerdas, lebih kreatif dan lebih rajin. Seingat saya, intensitas pertengkaran saya dengan ibu masih jauh dibawah intensitas pertengkaran ibu dengan dia – karena emang orangnya kadang bikin kesel. Usia kami tidak terpaut jauh, hanya terpisah 17 bulan. Saking miripnya perawakan kami, kadang kala orang tertukar untuk menilai kami sehingga aku sering dianggap adiknya dan dia kakaknya – ah betapa karunia baby face ini membuat saya terlena. Hahahhaa

Saya satu sekolah dengannya dari TK hingga Tsanawiyyah,. Sedangkan saya melanjutkan sekolah ke SMA Negeri, dia tetap melanjutkan Aliyahnya di Lembaga yang sama. Berhubung SMA yang saya masuki ini adalah SMA favorit, yaaah perasaan sombong mah pernah ada lah yaa. Apalagi di hadapan Mila yang kalau saya lihat sehari-hari kerjaannya hanya ngurusin muka aja sampe belajar pun diabaikan. Enggak seperti saya, yang ngurusin muka aja nggak, belajar juga kagak. Hahaahahaa

Sikap ibu saya sering kali menunjukkan bahwa dia lebih mempercayai saya dibanding Mila. Apa-apa nyuruh ke saya, apa-apa minta ke saya, apa-apa dikasih ke saya. Saya tahu Mila cemburu. Dia bahkan pernah secara frontal mengatakan bahwa dia iri pada saya yang terus menerus dituruti permintaannya oleh Ibu. Saya baru tersentak saat itu. Selama ini saya terlena oleh kasih sayang ibu yang berlebih terhadap saya, hingga mungkin meremehkan adik saya yang menurut pandangan durjana saya – lo bisa apa sih dibanding gue?

Iya sih saya nggak sampe nangis menyadari itu, hanya saja saya jadi enggak enak sama adik saya, sampe kebawa mimpi. Apalagi pas saya lagi menempuh masa-masa pasca UN SMA, ibu saya keliatan banget ngasih semua perhatiannya ke saya karena saya mau ikut SNMPTN tulis (taun 2012 masih ada SNMPTN tulis). Sudah tak terkira lagi rasa ga enak saya ama Mila. Kelakuan Mila di rumah, kebanyakan uring-uringan dan bikin kesel ibu saya. Kalau saya analisa, kasih sayang ibu yang berlebihan pada saya bisa jadi pemicu terbesar kelakuan adik saya jadi kayak gitu. Saya hanya diam aja. Sementara ibu saya dan orang lain berpikir bahwa Mila makin ga ada apa-apanya dibanding saya, saya malah berpikir bahwa saya ini begitu berdosa pada adik saya itu.

Sampe akhirnya saya kuliah di Unpad dan terpisah dari orang rumah membuat saya sedikit bersyukur karena terhindar dari perang dingin ibu dan Mila. Heheheh

Satu tahun terlewati, dan tak disangka, adik saya pun diterima masuk Unpad melalui SBMPTN. Kami satu  kampus dan satu kosan. Saat itu kosan kami cukup jauh dari kampus. Saya sih biasa-biasa saja dengan kondisi kosan yang nan jauh di mato begitu. Tapi adik saya lain lagi. Mungkin pengaruh karena menjadi mahasiswa baru, dia butuh sering ke kampus dan berkumpul dengan teman-temannya untuk memperoleh informasi apapun entah tentang kuliah, ospek, bahkan kosan yang nyaman. (well, ternyata dia udah berniat pindah kosan sejak pertama masuk Unpad. Hahaha), makanya dia sangat tidak menerima kondisi kosan kami yang menyulitkan buat dia. Dan yang terjadi selanjutnya adalah, adik saya nomaden di kosan teman-temannya. Hari ini nginep dimana, besok nginep dimana. Barang-barang pribadi dan baju-baju dia udah pindah rumah. Jadilah saya penghuni tunggal kosan kami. Zzzz  

Selama hampir satu tahun, isu yang selalu ditiupkan adik saya adalah masalah survey kosan baru. Bahkan baru tengah semester pertama aja dia udah cari kosan baru. Saya jengah juga, karena tiap kita ketemu,
“Yu, sudah cari kosan?”
Pokonya, Mila ini bawel banget masalah kosan, dan dia tipe orang perfeksionis yang segalanya ingin sempurna.
Zzzzzzzzzzzzz……

Awalnya saya acuhkan isu-isu yang dia tebarkan itu, sampe akhirnya masa menjelang UAS semester genap pun tiba. Kami sudah fix akan pindah kosan, dan ibu saya turun tangan langsung nyuruh saya nyari kosan – belakangan saya tahu Mila curhat sama Ibu soalnya Mila ga pernah saya dengerin.

Tapi masalahnya, waktu itu saya lagi fokus terhadap beberapa hal, persiapan UAS, belum kegiatan organisasi dan ikut program kreativitas mahasiswa (PKM) juga. Alhasil, saya boro-boro bisa nyari kosan, kosan lama pun sering saya tinggal. Udah bodo amat, saya serahin semua urusan kosan baru sama adik saya. Mila masih sering nanya pendapat saya tentang kosan ini, fasilitas ini, harganya segini. Tapi emang saya udah apatis banget buat masalah begituan jadi saya iya-iya aja.

Syahdan, adik saya udah nemuin kosan baru yang dinilainya nyaman. Saya masih apatis, ga tergerak untuk bantuin apa-apa. Hingga puncaknya, kemarin ibu nelpon saya sambil marah-marah karena saya sama sekali ga bantuin adik saya untuk menyelesaikan permasalahan kosan. Saya berdalih bahwa saya sibuk dan ga ada waktu buat ngurus masalah kosan. *belagu banget ga sih gueeee

Tapi saya sadar ibu saya ga akan semarah itu kalau saya ga sampe keterlaluan kayak gini. Merasa agak bersalah, saya hubungi Mila dan ngajak dia buka puasa bareng sekalian mau ngomongin masalah pindahan. Beruntung dia menerima dengan antusias dan berencana mengajak saya melihat kosan yang baru. Begitu saya masuk ke kosan kami yang baru, sampe di ruang tamu, saya cukup terkesan karena disana ada sofa. Seketika saya berpikir mungkin saya bisa ngajak anak-anak rapat disana. Hehehe
Kamar kami bernomor 5. Begitu saya masuk kamar, waaah saya makin terkesan. Kamarnya cukup luas untuk kami berdua, dan sudah ada perabotan kamar hasil pencarian sendiri oleh adik saya. Kamar mandinya di luar dan saya lihat kondisinya sangat baik dan bersih. Masih belum selesai saya terpana, adik saya sudah komentar,

“Nanti buffet di rumah mau dibawa kesini, nanti disimpen disana, dan aku mau beli tivi..”
“Hah? Tivi? Uangnya dari mana?” Tanya saya
“Lagi nabung..” kata dia santai. Saya terperangah mendengarnya.

Dalam perjalanan pulang ke kosan yang lama untuk beres-beres disana, saya banyak merenung. Saya rasanya tidak akan sebecus itu dalam mengurusi permasalahan kosan. Saya malu sama adik saya. Saya tidak pernah bantu apa-apa, sedikit pun, tapi dia mampu membuat saya terpana dengan hasil kerjanya.

Saya tidak lagi melihat seorang Mila yang manja, pemarah, dan maunya serba instan. Rasanya, dia sekarang sudah sangat dewasa jika dibandingkan dengan saya. Perfeksionis dan visioner, adikku ini ternyata berharga sekali. Dan saya tidak sanggup lagi untuk meremehkannya seperti dulu. Toh kemampuannya sekarang makin terlihat jelas. Saya membayangkan jika saya yang mengurusi masalah cari kosan ini, kemungkinan besar akan membuat dia kecewa, bahkan saya mungkin akan kecewa dengan kinerja saya sendiri. Iya benar, setiap manusia memiliki kelebihannya masing-masing.  

Her name is Mila, my upgradable sista..    






Tidak ada komentar:

Posting Komentar