Kamis, 26 September 2013

Surat Cinta Dari Para Pejuang

“Semangat, ceria, asik, membaur, komitmen, dan keren lah”
“Banyak amanah, sulit untuk memegang OC, jarang konfirmasi”
“Supel, periang, kerjanya sesuai deadline, ngga nunda-nunda pekerjaan, peduli sama yang lain”
“Atur jadwal, agenda, pikirkan kembali amanahnya, sering-sering ketemu OC, dan sering konfirmasi”
“Asik banget, gampang dan cepat bergaul, ramah, supel”
“Gatau apa kekurangan adil, bukannya ga peduli. Tapi kadang kalo kita ngeliat kekurangan suka jadi ke-judge. Apasih? Pokoknya tetap jadi adil yang nyenengin, jangan lupain anak-anak MB ya”
“Ceria, optimis, kreatif, bercandaan terus, sembunyi-sembuyi sesuatu
“Penekanan bercanda, bisa jadi jika bercanda ada yang sakit hati, jangan bisik-bisik depan orang, timbul curiga”
“Semangat, paling ga pernah galau kayaknya”
“Kurang manajemen waktu soalnya ada beberapa agenda yang terbengkalai”
“Atur waktu Dil pake skala prioritas”
“Periang, loyal, kerja all out
“Terlalu tomboy, lebih feminin perempuan kurang baik kalau tomboy”
“Baik, suka mencairkan suasana”
“Selalu ceria, kalo ada masalah bilang aja. Jangan dipendam”
“Orangnya seru, mudah bergaul”
“Terlalu fokus di UKM lain”
“Fokusin aja di MB”

Aku ga akan menganalisa kesalahan-kesalahan ejaan dalam deretan kalimat langsung diatas karena terlalu banyak ahahaha. Dan aku ga ngerti kenapa ada yang bilang ‘sembunyi-sembunyi sesuatu’, emang sih aku sering nyembunyiin hape orang, tapi ‘sesuatu’ disana itu maksudnya apa? jadi merasa tertuduh gini.

Tapi terlepas dari semua itu, yang lebih penting adalah isinya. Kalimat-kalimat diatas disusun saat upgrading panitia MB di Arboretum pada tanggal 25 September 2013. Kalimat-kalimat diatas ditulis diatas kertas yang dikelilingin dari panitia satu ke panitia lain. Kalimat-kalimat diatas adalah penilaian tentang diriku dari orang-orang yang merelakan waktunya untuk berjihad di MB (MIPA Bersatu) 2013 yang merupakan rangkaian ospek tingkat fakultas MIPA di Unpad. Kalimat-kalimat diatas ditulis para panitia dengan niat agar aku mau berubah lebih baik lagi.

Iya. Kepanitiaan aku di MB bisa dibilang sebentar lagi akan selesai. Kita akan segera menyusun rancangan untuk MB part 2 yang insya Allah dilaksanakan di bulan Oktober. Nggak kerasa. Sejak kepanitiaan terbentuk bulan April, diteruskan dengan rapat maraton selama libur ramadhan, dan sekarang udah mulai nyusun laporan pertanggung jawaban MB, aku ternyata sedang merangkai kenangan-kenangan menakjubkan di masa-masa kuliah.  

MB ini pada mulanya aku masuki sebagai pelampiasan kegilaan aku pada kepanitiaan dan organisasi di semester 2 kemarin. Aku masuki setengah hati, aku jalani tiada hati. Sempet nyesel juga bahkan. Karena aku menjadi panitia yang mengurus bagian desain, sedangkan aku sangat membenci spesies yang bernama Photoshop dan CorelDraw.

Tapi waktu berjalan. Dan seiring berjalannya waktu, cinta tumbuh diantara gelap gulitanya rapat MB. Hehehe

Aku bersyukur karena berhasil masuk ke saat-saat dimana aku mau meluruskan niat. Aku niatkan bahwa aku masuk kepanitiaan MB ini, adalah untuk membantu adik-adik Mahasiswa Baru FMIPA Unpad 2013, untuk mencari ilmu organisasi, dan untuk memperoleh keluarga baru.

Keluarga?

“Katanya keluarga… tapi sodaranya ga mau dibantu. Push up kalian!” *abaikan saja*

Entah keluarga atau bukan, entah teman atau bukan, entah apapun kata-kata yang mewakili untuk orang-orang yang sering bersama kita untuk memperoleh tujuan yang sama, kepanitiaan di MB ini mampu memaksaku untuk mau melakukan hal-hal yang aku pikir tak akan pernah mau aku lakukan. Seperti seorang ibu yang memaksa anaknya yang lumpuh untuk berusaha berjalan, para pejuang-pejuang MB memaksaku yang buta-Photoshop ini untuk berusaha bisa memainkan tools di Photoshop. 

Membuat desain di CorelDraw, bikin film, dan perdesainan lainnya adalah unwanted to do-list yang aku camkan dalam hati. Tapi didorong oleh niat yang lurus, dan karena disemangati oleh mereka-mereka yang juga berjuang di MB, ah rasanya sekarang aku bisa mencintai apa-apa yang aku kerjakan di MB.

Kang Ogi yang alay, Fadlan yang boyband, Kang Yordan yang sok manis, Kang Adit yang sok kalem, Zetil yang pendiam, Teh Syifa yang pelit, Maryam yang bawel, Ryan yang jago ngeles, Racka yang gembul, Kang Rifat yang playboy, Teh Linda yang loyo, Teh Umi yang hiperaktif, Nisa yang centil, Destri yang macho, maaf untuk penilaianku yang seperti ini terhadap kalian, karena toh itu yang membuat aku nyaman untuk mencintai kalian. *haciyeeeee

Iya, mereka adalah orang-orang yang bagai saudara kepada saudaranya lain, seringkali membantuku untuk berubah menjadi … lebih mampu mungkin?

Iya, lebih mampu menerima apa yang diamanahkan kepadaku. Lebih mampu mengerjakan apa yang tidak mau aku kerjakan. Lebih mau untuk memahami pendapat orang lain, dan paling penting adalah aku merasa lebih mampu untuk belajar menjadi lebih dari aku yang sekarang.

Jarang aku menemukan kepanitiaan dimana aku bisa nyaman berada di dalamnya. Dan ketika kepanitiaan ini berakhir, aku berharap agar kenyamanan itu gak akan pernah luntur. Hanya Allah yang tahu bagaimana sesungguhnya aku menganggap mereka sebagai apa. Tapi orang-orang ini yang telah membantuku untuk tahu harus melakukan apa. Maka tiada doaku untuk mereka kecuali agar mereka selalu diberi kesehatan, kekuatan dan keikhlasan dan semangat untuk menjinjing amanah luar biasa ini.  

MB mungkin akan segera berakhir, tapi semoga ukhuwah diantara kita tiada pernah akhir. Semangat guys! :)  




Tidak ada komentar:

Posting Komentar