Rabu, 11 Desember 2013

Palutungan's Circuit of Elf's Ranger #part3

BIMA GANTENG WOY!!!” teriak saya putus asa.
WOOOYYY”

Waduh ada sahutan. Brengsek. Mesti dipuji dulu apa baru bisa nyahut!? Maka yang terjadi berikutnya adalah interaksi dengan kekuatan suara ratusan decibel. Hehehe

FIZH, UDAH NYAMPE?” teriakku.
UDAH!” jawab Hafizh.
UDAH BIKIN CAMP?”
UDAH!”

Alhamdulillah, tidak lama setelah interaksi yang extraordinary itu, akhirnya kami bertiga nyampe di camp yang dibangun Bima dan Hafizh pada pukul 16.45 teng. Winna langsung menjatuhkan diri ke tanah.

Ternyata pos tempat kami camp bukan Pasanggrahan, tapi sejenis Pos Bayangan menuju Pos Pasanggrahan. Saya udah ga mempermasalahkan hal itu karena toh Pasanggrahan tinggal 20 menit lagi dari sana. *aseeekk gaya beut dah

Lokasi Pos ini cukup luas dan datar. Ketika saya dan antek-antek datang, dua tenda udah dibangun berseberangan yang dipisahkan oleh jalan. Kayu-kayu mulai dikumpulkan. Belum ada aktivitas dapur. Kang Imbar bikin bivak dari flysheet buat nyimpen logistik, saya beresin carrier-carrier dan merapikan sleeping bag dalam tenda. Winna masak untuk makan malam. Tau gak? Si Winna nyampe camp langsung sembuh lah. Kasusnya sama kayak Anton pas di pendakian lewat Linggarjati kemaren. Jadi intinya, si Winna cuma cape aja.. -___-

Kami makan malam sekitar jam 19.15 teng. Menunya tuh, nasi, sop sayur, telor dan abon. Makan malam yang selalu terasa nikmat karena ditemani api unggun yang berkobar. Saya bersyukur hari ini cuaca cerah, ga hujan sama sekali. Tapi angin gunung yang kering begitu dingin menusuk tulang. Palutungan mantep banget dah. Sinyal hape masih bisa ditangkep di ketinggian 2200 mdpl. So, saya heboh nge-smsin Mamah kalau saya lagi ngupil di ketinggian 2000. Saya nge-sms Anton juga bikin dia envy karena ga ikut pendakian. Hahaha, sayangnya ga bisa internetan.  Padahal saya udah nyiapin serentetan kalimat untuk update status.

Yang rada realistis , 
Flame light dinner bareng cowo-cowo anomali dan Ratu Alay 2013 bener-bener sesuatu banget..
Atau yang rada puitis,
Angin semilir, aku berpikir, satu sendok terakhir ini adalah kenikmatan yang selalu mengalir.. 
Atau yang rada narsis,
Danlap keren mantan calon finalis Indonesian Idol lagi free time di gunung nih ! Adakah yang merindukan ?
Hehehehe hanya selingaaaan ...

Selesai makan , agenda selanjutnya adalah ngeringin baju. Hah? Iya emang, baju lapangan kami semua basah oleh keringat. Alhamdulillah apinya berkobar, jadi bisa dimanfaatkan untuk pengeringan kan.. Sambi ngeringin baju lapangan, kami ngadain evaluasi perjalanan hari itu dan ngadain briefing buat pendakian besok. kami besok mau summit looohh.. Danlap besok adalah Winna. Maka ketika evaluasi berakhir dan digantikan dengan briefing, berakhir jugalah tugas saya sebagai danlap hari itu. Alhamdulillah.. Semangwin! Semangat Winnaaa !! :D

Setelah prepare buat summit besok, kami semua pun pergi tidur pada pukul 20.45 teng.
Good night Ceremai...
***
Pukul 02.00 WIB ...

Win, bangun..”

Aduh, bangga banget dong saya sebagai ''pangnyubuhna hudang' (bangun paling shubuh/pagi)!  Kalau lagi di Jatinangor kan jadi nu panungtung wae ...  Maka saya bangunin cowo-cowo dengan kelembutan..

Hey, bangun dong.. Mau summit nih ... ”

Kalo belum bangun, dengan kekerasan ..

WOY, PADA BANGUN DONG! MAU SUMMIT GAK!?”

Kalo belum bangun juga, balik lagi dengan kelembutan, bahkan lebih lembut..

Teman-temanku ... Aku mau nyanyi lagu buat kalian boleh ?”

Tiba-tiba dalam tenda heboh, semua cowo berebut pengen keluar. “AYO SELAMATKAN DIRI !!” teriak Bima.
Hahahaha
Ah gak kayak gitu kok, cowo-cowo ini udah keren banget kok dalam hal inisiatif mah. Udah ga usah dipaksa :)

Pagi itu dingin banget. Tangan jadi susah bergerak. tapi hal tersebut tidak menghalangi semangat kami untuk menggapai puncak Ceremai! Uyeeeee …

Sarapan pagi itu dengan buryam instan dan biskuit gandum. Buryam instan adalah tipe makanan yang tidak pernah masuk list makan kami selama di Jatinangor. Karena selain 'enggak banget', yaaa gizinya dipertanyakan lah. Tapi disini, rasanya kita begitu bersyukur masih bisa makan dan mengisi asupan energi untuk muncak meski dengan buryam. Bahkan kita rebutan makan bubur yang keenceran itu. Yaa, di gunung memang selalu  terjadi anomali dari keseharian kita.  

Setelah sarapan dan berdoa bersama, maka kami take off pukul 03.30 WIB. Ciyeee Winna jadi danlap. Keren lah dia jalannya cepet juga pagi itu. Mungkin pada masih ngantuk, atau pada kedinginan, tapi sepanjang  jalan gaada yang bersuara. Ceremai dari kemarin sepi banget. Kami ga nemu pendaki lain sama sekali. Berasa Ceremai milik berlima. Hehehe

Nyampe di Pos Pasanggrahan pukul 04.10 WIB, meleset 20 menit dari estimasi semula. Disini saya menemukan kemampusan.
Batre GPS habis!” seru saya panik.
Bawa batre cadangannya ?” tanya Hafizh.
Enggak.”
AIH.
ada yang bawa senter dengan batre jam dinding ?”
Saya melihat semuanya menggunakan headlamp yang sumber listriknya dari batre A3. Ah mampus sudah. GPS ini harus tetap menyala untuk plot jalur Palutungan di GPS. Saya lemes langsung itu mah.
Yaudah, sekarang ayo balik ke camp buat ambil batre.” kata Hafizh. Saya memandangi yang lain,
Aduh maaf ya jadi menghambat.... Lirih saya dalam hati..
Ditungguin kok dil.. ” kata Winna seolah menjawab rintihan hati saya. Akhirnya saya dan Hafih ngebut balik ke Camp. Bener-bener ngebut karena lari sprint kayaknya. Kami nyampe camp mungkin dalam waktu 10 menit kurang.  Saya langsung mengambil 8 batre sekaligus (saking takutnya kesalahan yang sama terulang lagi). Saat saya dan Hafizh mau balik ke Pasanggrahan , Hafizh tiba-tiba nanya,

Dil, kuat kan ? Bisa cepet?” tanya Hafizh.
Iya, insya Allah.” jawabku pede. Dan tanpa curiga.
Aku di depan ya.. ”

Sekejap setelah meminta ijin untuk memimpin di depan, maka Hafizh langsung terbang. Ga terbang sih, cuma dia lari cepet banget. Saya kaget banget karena Hafizh tiba-tiba ngilang. Refleks saya langsung ngejar dia karena takut nyasar. Tapi ini kan treknya naik bro, ga kayak tadi pas turun. Maka saya langsung bengek-bengek dibawa jalan patas banget sama Hafizh. Beberapa kali saya minta berhenti untuk istirahat karena saya ngerasa jantung saya serasa udah ga berdetak lagi saking kagetnya mungkin.

Fizh, lebih pelan bisa?” pinta saya sambil bengek.

Hafizh mengangguk dan kami melanjutkan perjalanan. Tapi definisi ‘lebih pelan’ bagi Hafizh barangkali mengalokasikan waktu untuk jalan sejauh 2 meter menjadi lebih lama 1 detik. Tetep aja bikin saya megap-megap.

Ketika tiba di Pasanggrahan, saya langsung terduduk.. Detak jantung begitu cepat terasa dan mata saya memanas.
Saya kesulitan mengatur nafas. Winna panik liat saya dan langsung menyodorkan minum. Saya seketika minum banyak air. Alhamdulillah ternyata lebih baik. Saya merasa lebih tenang.

Fizh, mau ngebunuh urang (saya dalam bahasa sunda)? ” kata saya menuduh. Hafizh nyengir. Anomali kan... Tumben banget Hafizh nyengir, habis ngenges pula.. -___-
Kami melanjutkan perjalanan menuju Pos Goa Walet. Langit masih hitam legam. Karena kemarin cerah, saya optimis banget dapat sunrise pagi ini. Karena itu, sepanjang jalan saya menyanyi karena penuh harap. Bima dan Winna sekali-kali menyambung nyanyi, dan kang Imbar yang cuma bisa kritik dan komentar, dan Hafizh yang cuma tersenyum.. Elf’s Ranger on action !

Jomplang banget. Pas lagi on fire nya, kita tiba-tiba lemes langsung. Di Samyang Ropoh, kabut turun. Puncak Ceremai sedikit pun tidak terlihat sama sekali. Bener-bener diselubungi oleh kabut. Yaaaahh ga dapet sunrise. Lemes deh.
Saya menyemangati diri sendiri. Puncak gunung itu tidak melulu soal sunrise. Tapi juga pembuktian. Atas apa? Atas keteguhan hati. Okeh sip, Semangdil!

Maka dengan semangat uye cetar menggelegak, batu demi batu kami lompati. Pokoknya harus sampe puncak! Semangat Elf’s Ranger!

Akhirnya nyampe di Goa Walet pada pukul 06.30 WIB. Matahari udah naik pastinya. Tapi kabut ini serasa mengisolasi kami dari dunia luar. Sesekali matahari tak terhalangi kabut, terik ternyata. Berarti kalau ga ada kabut, kami bisa liat sunrise. Saya hampir nangis menyadari hal itu. Ah, kembali lagi ke pernyataan semula. Puncak tidak hanya tentang sunrise. Okeh okeh.

Kami melanjutkan perjalanan pada pukul 07.08 teng. Semakin naik, kabutnya semakin tebal dan angin yang bertiup makin kencang.

Puncak dikit lagi, Winna...” kami semua menyemangati Winna yang melambat. Saya menyuruh Hafizh ke puncak duluan. Saya masih yakin pada the power of achievement equality yang saya pahami dari perjalanan ke Ceremai lewat Linggarjati kemarin. Kalau Hafizh udah ada di puncak duluan, Winna pasti bersemangat untuk ingin merasakan puncak yang sama. Apalagi ini adalah summit 3000 mdpl pertamanya.

Aku udah di Puncak!” teriak Hafizh dari atas.

Terbukti. Winna bahkan mencoba berlari untuk tiba di atas. Iyaa.... Dikit lagi....

Masya Allah.... ” kami semua refleks berpegangan pada batu di sekeliling kami karena begitu kami tiba di atas puncak, angin besar langsung menyambut kami. Kabut bergulung-gulung di tepi kawah. kami bener-bener ga bisa melihat apapun di kawah. Langit tertutup kabut, dan angin yang maha kencang terus menerus menggebrak kami. WOW , summit yang keren bangeeeet!!!! Well, kita nyampe di puncak pukul 07.34 teng tong!!!
   
Saya melakukan sholat diatas kemiringan entah berapa derajat. Tapi menggunakan mukena parasut saat itu saya anggap sebagai tindakan bunuh diri.
Karena angin besar yang terus menerus ingin menerbangkan mukena, saya khawatir saya akan terbawa juga. Akhirnya saya melepas mukena dan tetap melanjutkan solat.
Hafizh sempet banget pengen buang air di puncak dalam situasi kayak gini. Kita sampe ketawa-ketawa ngasih predikat ke dia sebagai “Buang air tertinggi se-Jawa Barat dan terekstrim”. Ada-ada aja. Saya melirik kang Imbar dan nyindir,

Untung ikut kan kang, di puncak ketemu sama tubuh sendiri... ”

Kang Imbar di Caldera masuk ke angkatan Bayu Arga (bayu = angin dan arga = besar). Saat perjalanan kemarin aku yang jadi danlap, dia bilang gini soalnya.

Kalian tau gak, saya ditumbalin sama Swachman buat nemenin kalian naik. Bener deh jadi tumbal, kok rasanya dibully terus yaa.. saya ga mau naik lagi ah sama kalian, kapok... ”
Meski saya tahu itu bercanda (atau jangan2 beneran?), tapi enak juga buat jadi bahan sindiran. Hehehe
Kang Imbar disindir begitu cuma nyengir,

Iya nih pengalaman pertama... ”
Bener. Ini pengalaman pertama kami semua. Puncak tidak melulu soal sunrise, atau melihat keindahan dari ketinggian, atau memandangi kawah gunung. Tapi juga menjadi ajang bagi Tuhan untuk menunjukkan kebesaran-Nya yang lain. Angin yang besar dan kabut yang tebal… Rasanya sekarang keduanya begitu indah. Karena untuk merasakannya, perjuangan adalah langkah yang harus kami tempuh.
Agenda di puncak dengan kondisi cuaca begitu harus ngapain ?
FOTO -FOTO LAHHH !!!!  Kita Elf’s Ranger, yang ditakdirkan terlahir sebagai manusia yang diberikan fisik yang sempurna,  harus diabadikan dalam kamera sebagai tanda syukur kami kepada yang Maha Kuasa. Hehehe



Huaaaa !! Anginnya gede banget! Elf’s Ranger, selamatkan bendera!!


Sudah lebih mantap untuk menggenggam sang Merah Marun :)



Sip. Bima mulai jadi bocah ingusan. Hahahahahaha



Bima meriksa suhu di Puncak dengan anemometer. Suhu sempet nyampe titik beku air!


Makhluk di belakang saya dan Winna ini... masih ya sempet nyisir -__- 

Matahari yang sempat menyembul dari balik kabut

Karena kondisi cuaca yang begitu buruk, kami memutuskan untuk kembali turun. Niat awal mau masak air dan bikin minuman hangat di puncak, malah berubah jadi keinginan untuk menyelamatkan diri dari angin yang luar biasa ganas tiupannya. Akhirnya kita turun dari puncak pukul 07.56 WIB.

Tiba di Goa Walet pukul 08.12 WIB, disinilah kita baru merasakan terik matahari pagi. Alhamdulillah hangat banget. Disini kita pertama kali ketemu sama pendaki lain. Bapak-bapak gitu deh.. Mereka nanya2 sama kita tentang kondisi puncak. Saya ngebiarin Kang Imbar yang jelasin ke si bapak-bapaknya. Biar nyambung, dia kan udah sepuh. Hehehe


Di Goa Walet ada sumber air loh.. Pas banget karena kita ternyata kehabisan air! Kang Imbar bikin minuman hangat, Winna dan Bima nyari air, saya sama Hafizh nyari jamur untuk didata. Sulit banget nyari jamur di ketinggian 2900-an gini.. Tapi akhirnya saya dapet satu.. Horeeee



Turun dari Goa Walet sekitar pukul 08.45 dan kita langsung caw menuju Pos Pasanggrahan.  Pas turun ke Pasaggrahan, si Bima lari sprint sambil teriak2. Nggak banget deh, kayak bocah, ingusan pula.  Padahal dia kan preman bro,, Aduh, inilah penyakit gunung yang sebenarnya. Saat kita menunjukkan anomali-anomali dari kepribadian kita, mungkin saat itu kita sudah terjangkit penyakit gunung. Mungkin.

Kita tiba di Pos Pasanggrahan pukul 09.51 WIB. Tim dibagi dua, Winna dan Bima duluan ke camp buat bikin makan siang. Saya sama Hafizh nyari lagi jamur. Kang Imbar nemenin kita bentar, terus langsung ke camp.  Di pos ini saya nemu satu jamur. Kalau udah tinggi emang susah ya nemu jamur..

Saya dan Hafizh bergerak ke Camp pukul 10.15 dan nyampe di camp pukul 10.30 WIB. Beres-beres camp dimulai. Winna dan Bima masak makan siang dan makan sore. Kang Imbar gatau ngapain lupa lagi. Hafizh beres-beres tenda, aku beresin carrier.
Semuanya sibuk dengan aktivitas masing-masing. Bima nyalain mp3 dari hapenya. Lagu Resah dari Payung Teduh mengalun lembut. Aneh juga denger mp3 di tengah hutan gini. Serasa berkurang sense of junglenya (istilah dari mana pula -_- ).. Hehehe

Tepat pas mau makan siang, ada rombongan pendaki lain numpang istirahat di Pos camp kita. Rombongan mereka banyak banget dah orangnya. Bima dan Hafizh nawarin mereka untuk ikut makan, tapi mereka nolak. Akhirnya kita makan cuma berlima. Dan berisik pun cuma berlima. Padahal menunya edan banget siang itu. Corned sapi campur telor, telor ceplok, sarden, abon sapi. Saya kaget, inget si Bima yang punya darah tinggi.

Kemarin udah dites lagi, normal kok dil... ” kata Bima
Iye tapi udah makan siang ini pasti langsung naek ,”
Kagak dil, waktu itu gara-gara urang stres kayaknya..”

Saya seketika tertunduk sedih. Inget si Bima yang ketua ospek prodi Geofisika ini, pasti stres mikirin mahasiswa baru. Sampe darah tinggi gitu.. Tapi ospeknya udah beres kok. Lagian di gunung kan anomali biasa terjadi. Moga aja udah makan banyak daging gini, tekanan darah Bima tetep normal. Amin dah.

Makan, Caldera.... ”

Waah, makan siang kali itu berasa jadi hewan di kebon binatang. Diliatin sama pengunjung yang datang, alias rombongan PA yang numpang istirahat itu. Gatau apa motif mereka ngeliatin kita, tapi kita emang udah tebel muka kali, ya udah makan mah lanjut teruuuuss... Hoohhhohooho

Tapi dari kita selesai makan siang sampai kita selesai packing, itu rombongan kagak berubah posisi ternyata. Tetap dalam posisi yang ideal untuk ngeliatin kita kayak artis-artis sirkus. Mungkinkah mereka kagum sama cara makan saya dan Winna yang secepat cowo-cowo anomali ini? Atau mereka terheran-heran saat melihat spesies seperti Kang Imbar ada di tim kami ? Ah berbagai asumsi itu tak pernah terpecahkan karena kami tidak memedulikannya. Kenapa? Karena kami sudah terbiasa untuk menjadi pusat perhatian. Ahahahahaha

Kami berangkat pukul 1 siang dan tak lupa kami berpamitan pada rombongan PA yang telah membuat kami merasa jadi artis selama beberapa saat itu. Hehehe
Nah selama perjalanan pulang ini, barulah kami merasa ramai. Berkali-kali kami bertemu dengan rombongan pendaki dari berbagai PA. Ah, ini hari Sabtu ya. Iya, Ceremai selalu ramai saat akhir pekan. Dan hujan pun turun. Pas nyampe di pos Tanjakan Asoy pada pukul 13.20 teng, kami berhenti dulu untuk memakai ponco atau jas hujan. Saat kami baru mulai melanjutkan perjalanan, hujan berhenti. Kami semua menghela nafas melihat satu sama lain yang udah kayak alien dengan ponco dan jas hujan yang menyelubungi. Tapi, kami gak melepas jas hujan hingga tiba di Pos Arban.

Nyampe deh di Pos Arban pukul 14.14 teng. Di Pos ini, kami berhenti untuk sholat dan penelitian. Di Arban, kita banyak nemuin jamur. Ada tujuh jamur yang berhasil didata. Saya seneng banget liat jamur Ganoderma yang nempel di pohon dan diameternya 20 cm lebih! Jamur terlebar yang pernah saya liat! Saking lebarnya, saya ngebayangin bisa bangun tenda disana. *abaikan

Pukul 15.04 kita melanjutkan perjalanan menuju Pos Pangguyangan Badak. Matahari sore muncul dan memberikan kehangatan pasca hujan rintik-rintik. Memberikan suplai semangat buat Elf’s Ranger, sehingga cepat melangkah dan tiba di Pos Pangguyangan Badak dalam waktu 27 menit. Di pos ini kami melakukan penelitian dan menemukan jamur berwarna ungu yang baguuuus banget. Sesuai warnanya, si jamur ini emang tumbuh jomblo alias soliter alias sendirian. Jamur ansos kayaknya. Hmmm…

Pukul 16.04 kita melanjutkan perjalanan menuju Pos Kuta. Winna disini terpeleset. Tapi cuma kepeleset biasa. Masih selooow lah. Sampe tiba-tiba dia kepeleset lagi. Ini anak kayaknya mau latihan shuffle dance, tapi di waktu dan tempat yang salah.
Pukul 16.33 kita nyampe di Kuta dan berhenti sebentar untuk mencatat kelembaban di Kuta dengan anemometer. Pukul 16.36 kita melanjutkan perjalanan ke Cigowong dan nyampe di Cigowong jam lima kurang seperempat. Disini kita berhenti untuk makan sore. Cigowong sore itu rame banget sama pendaki-pendaki yang pada lagi bikin camp. Pendaki-pendaki ini dengan ramahnya mengajak kami bersalaman sambil menyebutkan nama dan asal mereka. Mereka ternyata masih siswa SMA! Wah saya ngiri banget. Kok bisa masih anak sekolahan tapi menghabiskan waktu akhir pekannya dengan mendaki gunung..ckckck,, 

Saya dulu pas masih SMA, akhir pekan saya habiskan dengan mencuci baju, mencuci piring, jadi kacung selama bunda belanja, dan kegiatan-kegiatan pengabdian lainnya. Boro-boro bisa naek gunung kayak gini. Makanya salut lah sama anak-anak SMA ini. Mereka udah dilatih keteguhan hatinya untuk mendaki gunung sejak muda berarti. J

Makan sorenya Alhamdulillah kenyang dan menyenangkan. Meski langit mulai gelap, tapi karena suasana di Cigowong rame banget, ya kita berasa ditemenin. Euforia kita untuk ingin segera pulang semakin kuat. Makin sore, makin semangat jadinya. Kita melanjutkan perjalanan pukul 17.35 teng.

Perjalanan ke Pos awal kita targetkan 1 jam. Winna disini jatuh terus, sampe kakinya terkilir. Disini, Hafizh menggantikan posisi Winna sebagai danlap. Akhirnya pas jalan lagi, Winna jalannya dibantu sama tongkat. Untung medannya landai, jadi Winna ga terlalu kepayahan buat jalan. Saya juga jalan pake tongkat. Kalo Winna memanfaatkan tongkat sebagai alat bantu jalan, kalau saya memanfaatkan tongkat sebagai alat bantu latihan. Latihan nembang lah!  Hahahaha

Gatau kenapa, kayaknya daftar lagu di memori saya baru di-update jadi saya selama perjalanan nyanyi terus. Pas banget berhubung audisi Indonesian Idol di Bandung akan dilaksanakan sebentar lagi waktu itu, maka saya latihan dengan semangat. Lagu yang saya nyanyiin random banget sumpah saya juga ga ngerti kenapa bisa kayak gitu. Gapapa lah yaaa.. yang penting latihan. Anehnya, para antek cuma bantuin saya nyanyi pas saya nyanyi lagu dangdut. Aduh, jadi gimana ini? Kader-kader Caldera jadi kader-kader yang asik asik joss? Entahlah. Biar waktu yang menjawab. Hiks.

Alokasi waktu yang dibutuhkan untuk sampe ke Pos awal ternyata 2 jam dengan memperhatikan kondisi Winna. Di pos ini, kita istirahat dan mencatat kelembaban suhu disini. Langit udah gelap. Saya ga inget waktu itu apakah ada bintang di langit atau nggak. Semuanya berasa jadi bintang di mata saya. Kelelahan mulai merajarela.

Ayo lanjut dikit lagi ini, semangat ayo semangat!” seru Kang Imbar. Anomali. Pas perjalanan naek dia ga banyak nyemangatin kita kayak gitu. Tapi pas turun jadi semangat banget. Kayaknya pas naek, dia keburu down duluan gara-gara ngebayangin rencana penindasan yang barangkali bakal dia terima dari kami para adik-adiknya. Hehehehe

Di perjalanan ke Pos Palutungan kami bertemu dengan rombongan pendaki lagi. Mereka kayaknya baru memulai pendakian malam-malam begini. Saya mungkin karena masih kurang pengalaman dalam mendaki gunung, sampai sekarang belum pernah kepikiran dan berniat buat memulai pendakian di malam hari karena masih memprioritaskan safety procedure diatas segala-galanya. Meski banyak orang bilang kalau mendaki di malam hari itu ga akan membuang terlalu banyak kalori, dan ga akan begitu haus juga saat di perjalanan, tapi tetep aja waktu malam ya waktu istirahat. Ketika menggunakan waktu istirahat untuk melakukan aktivitas berat seperti pendakian, hati dan pikiran pun ga akan berjalan sebagaimana mestinya. Hal ini bisa jadi titik awal yang membahayakan diri sendiri, bahkan orang lain  selama di perjalanan. Iya ga sih ?

Alhamdulillah akhirnya nyampe di Pos jaga Palutungan pukul 21.15 teng. Maka kita semua segera menggeletakkan diri di pos yang kosong itu. Kaki Winna masih terkilir. Hafizh mulai nyari-nyari informasi angkutan umum yang bisa dicharter ke warung sebelah pos jaga. Tapi hasil yang diperoleh begitu membuat saya terkejut-kejut.

“Katanya harus 200 dil.. kalau ga mau segitu yaudah nginep dulu disini sampai besok. Besok baru ada yang murah katanya...” kata Hafizh. Saya langsung kalut banget. Kalau naik angkutan 200 itu, kita cuma bisa pulang sampe terminal Cirebon alias ongkosnya ga bakal cukup. Saya ngebayangin kalau kita nanti menggelandang  di terminal dan menjajakan tas carrier kami yang sebenarnya juga punya orang. Udah mah penampilan kita kayak pendaki-pendaki melarat, sekarang jadi gelandangan melarat. Ya Allah miris banget.

Tapi kalau nginep disini, kasihan saya, eh kasihan yang lain.. karena di pos ini emang kurang nyaman banget jadi penginapan apalagi dibandingin sama Hotel Horison (-__- yaeyalah)

Om-om elf !
Ah, emang selalu ada jalan dibalik kesulitan. Dengan semangat 45, saya minta nomer supir elf kemarin ke Winna. Dan setelah sekuat tenaga menahan rasa kesal karena jebol 20ribu kemarin, saya menelpon si om-om elf dengan tingkat kesopanan yang setara dengan hamba kepada rajanya …

“Halo assalamualaikum. Pak, ini kami rombongan yang kemarin naek elf bapak.. mau kenalan dong pak, boleh ga ?”
BLETAK! Dijitak Bima. Iya Bim, nggak saya modusin om-om ini kok..

Intinya, saya menelpon si om dan dia bersedia menjemput kami di pos jaga dengan tarif tetap. Alhamdulillah akhirnya kami bisa pulang tanpa terlalu banyak menjebolkan isi dompet yang sudah tipis. Sepanjang perjalanan dari Pos Jaga ke Terminal dan dari terminal ke Jatinangor, saya tidur terus. Cape emang. Apalagi yang bikin cape selain nawar ongkos ke om-om sopir elf yang sering memanfaatkan keluguan para pendatang? Emang ya di dunia ini kesempatan orang buat berbuat ngenges bisa dari mana aja. Zzzz...

Nyampe Jatinangor pukul 4 kurang. Akhirnya tiba di rumah. Perjalanan yang sangat melelahkan, menguji, dan memberikan banyak pelajaran. Inilah sebab saya suka mendaki gunung. Karena dengan mendaki gunung, saya bisa lebih menghargai hidup, dan apa yang saya miliki. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar