Senin, 16 Maret 2015

Lagi Ga Jelas

Dibalik kesulitan pasti ada kemudahan.

Gue mau nambahin poin dari quote diatas.
‘Dibalik kemudahan muncul kesulitan’

Hahaha. Udah nyebelin belum?
Iya. Bayangkan.

Jaman dulu, orang cuma punya kaki untuk berpindah tempat. Simpel. Kesulitan masih simpel. Paling kaki lecet doang kebanyakan jalan. Tapi banyakan dampak positifnya kan, seperti tubuh yang semakin bugar.

Nah, kemudian Nikola Tesla menemukan motor yang mengubah dunia. Karena dengan begitu, kita makin mudah berpindah tempat. Intinya, motor ini memberikan kemudahan pada kita untuk bergerak. Tapi kesulitan yang ditimbulkan? Macet, abis duit beli bensin, tabrakan(nah loh), kena tilang, global warming, obesitas(karena kurang gerak). Oalaaahhh..

Atau, contoh lain. Dulu orang kalo mau menghubungi seseorang nun jauh di seberang sana, susaah banget harus lewat surat, terus dikirim ke kantor pos, terus nungguin balesan berhari –hari. Nah, kemudian seseorang menemukan ponsel yang mencengangkan dunia lagi. Dengan ponsel, kita bisa menghubungi seseorang nun jauh disana dalam hitungan detik. Terus ponsel berkembang menjadi android, windows phone, dan bla bla bla, yang memberikan segudang aplikasi edan yang bikin ita makin cinta ama gadget-gadget ini. Wah, hidup serasa dimudahkan dengan kehadiran smartphone ini. 
Tapi, lu pasti jadi jarang kumpul langsung ketemu ama temen lo. Iya lah kan gampang udah ada LINE. Atau kalau lagi kumpul ama temen lo juga, malah sibuk di Wasaap buat chat ama gebetan. Lu tau gak kalo efek radiasi dari ponsel itu bisa bikin telor mentah jadi mateng. Kalo efeknya buat manusia, bisa bikin kanker. Terus smartphone juga bisa bikin degradasi kemanusiaan lo, alias lo lebih peduli ama hengpong daripada bertemu sama orang2 yang deket sama lo. Nah loh. Belum abis pulsa, hahahaha ini mah curhat.

Internet memberi kemudahan untuk mengakses berbagai informasi dari seluruh dunia dalam sekejap padahal lo Cuma ngetik keyword dikit. Mudah banget kan? Mudaaaah banget. Penemu internet pasti berharap internet dapat memberi manfaat buat segenap umat. Tapi apa kesulitan di balik kemudahan itu?

Penipuan onlen lebih dahsyat efeknya daripada penipuan langsung karena segala informasi di internet bisa dimanipulasi. Dan korban lo bisa dari seluruh dunia. Cyber-bully adalah salah satu penyebab bunuh diri terbesar di Jepang saat ini. Lo bisa maki – maki orang tanpa dia tahu elo siapa.

Yaaaahh disaat kita diberi kemudahan untuk berbuat baik, pasti ada kesempatan untuk berbuat jahat.

Dan dibalik kesulitan ada kemudahan, maka kemudahan pun akan memunculkan kesulitan.

Sekian intermezzo sore hari ini.
16 Maret 2015


Tidak ada komentar:

Posting Komentar