Kamis, 20 Maret 2014

Bung Karno dan Bung Hatta #part 2

Suasana siang itu agak mendung. Saya dan Abid sampe nyegat Maul yang baru nyampe ruhim untuk kita pinjem motornya. Abid kalap dan agak ngebut. Kita memutuskan untuk ngeprint di tempat print Geologi aja. Kebetulan saat itu udah mau jam setengah 2an.

Alhamdulillah di Geologi kosong, biasanya yang mau ngeprint ngantrinya udah kayak yang mau nerima sembako aja. Abid langsung mengisi kursi operator, memasukkan flash disk ke laptop, dan ...

“Dil, kok ga ada?”
“Nama file nya apa?”
“Pelatihan Keorganisasian..”

Saya ikut bergerak. Ngoprek sana ngoprek sini. Iya, filenya ternyata ga ada.

“Kayaknya ga ke save sama gua.”

Sial lagi. Saya menarik nafas panjang. Abid memutuskan untuk kembali ke ruhim sendiri dan saya disuruh menunggu. Sementara Abid ke ruhim, saya ke jurusan sebentar karena ada urusan. Sumpah, itu udah lemeees banget. Baju udah basah sama kerigat. Hati udah mangkel banget pengen ngegebukin semut. -_-

Beberapa saat kemudian, saya dipersatukan lagi dengan Abid dan kami mulai pesimis selama perjalanan kami ke Geologi. Kami tahu sebenarnya siang ini ada kumpul departemen. Anak-anak yang lain udah pada nunggu. Tapi dana dari dekanat emang lagi lebih urgent.

Kami berdua diam. Tapi kami berdoa, semoga ini yang terakhir.

Pas nyampe di Geologi, ada orang lagi ngeprint. Saya dan Abid pun menunggu dengan sabar, diatas sini melayang-layaaang #payungteduhmania

Saya baru keingetan harus ngirim data praktikum ke Kiki dari dhuhur tadi. Maka dengan tingkat kepanikan setingkat akut, saya langsung ijin ke Abid buat ngirim dulu tugas ke Kiki. Abid mengiyakan. Saya melesat ke gazebo MIPA dan begitu melihat Rara, saya langsung nembak dia. Boong deng.
Saya langsung memalak laptop dia.

“Penting, ra! Ini demi kelangsungan hidup seseorang!” kata saya hiperbola. 

Begitu saya mencoba mengakses gmail, loadingnya kronis banget. Dan akhirnya “the webpage is not available”. 

unpad-hotspot
No Internet Access

Wah, keparat sekali hari ini. Hahahaha

Saya tertawa miris. Inbox hape saya penuh oleh sms dari Kiki yang meminta pertanggung jawaban atas janji saya kepadanya. Hujan turun dengan deras, dan peluh saya pun mengucur deras.

“Dil, udah selese ngirimnya?” Abid datang.
“Belum. Loading broo.. udah ngeprintnya?”
“Hehehehe... ”
“Apaan heheheehe??”
“Gua lupa ngeprint surat elu dil.”

Kampret.

“Maap ya.. hehehe..” kata Abid cengangas cengenges. Saya diam. Yaudahlah yaa. Sekalian aja lu tendang gue Bid.
“Sini flash disknya, urang ngeprint lagi. Surat kamu banyak salah ketiknya tuh.”
Waktu sudah menunjukkan pukul tiga sore. Ulaaalaaa..
“Yok ngeprint.” Ajak saya.

Saya dan Abid pun melangkah dengan gontai ke Geologi, dan semakin gontai ketika melihat untaian panjang manusia yang sudah menenteng flash disknya masing-masing buat NGEPRINT JUGA KAYAK KITA!

“Bid, aku optimis Pak Dhar pasti udah pulang. Besok aja yuk? Daripada tanganku ini ngebacok orang saking senengnya. Hahahaha..” kata saya masih sempet ngelindur. Pak Dhar adalah pembina HIFI.
“Iya, besok aja dil.” Abid memandang saya dengan wajah sayu yang menyedihkan. Masih ada hari esok Bid, setiap hari adalah kesempatan kedua.

Tahun ini HIFI memiliki 54 buah proker yang memperoleh dana dari dekanat. Akan ada 52 proker lainnya yang berkesempatan untuk mengalami chaos seperti kami ini. Dana dari dekanat, adalah dana rintisan yang dapat memberi pengaruh terhadap proker yang kami laksanakan. Tahap selanjutnya yang harus saya dan Abid lewati setelah berhasil ngeprint surat permohonan dana yang baik dan benar adalah meminta tanda tangan Pak Dhar – dan pastinya beliau akan memeriksa proposal kami. Bisa jadi beliau menolak memberi tanda tangan ketika ternyata masih ada kesalahan. Dan mungkin, si Peminta tanda tangan akan menarik nafas panjang. Setelah memperoleh tanda tangan Pak Dhar, selanjutnya PJ nyamperin ke dekanat dan memasukkan proposal ke Sub kemahasiswaan. Nantinya proposal kita di tinjau dulu apakah judul kegiatan dan anggaran dananya serupa dengan RADP himpunan yang diserahkan ke dekanat. kalau belum sesuai, walaupun satu huruf pun, SATU HURUF pun! Proposal akan dikembalikan. Kalau sudah sesuai, proposal berarti lolos masuk ke dekanat dan tugas kita selanjutnya adalah follow up terus ke dekanat mengenai waktu turunnya dana proker yang bersangkutan.

Jalur birokrasinya emang cukup rumit. Dan ini adalah proses yang harus kami lalui, demi memperoleh lembaran-lembaran merah itu, yang bergambar Bung Karno dan Bung Hatta.        
Saya dan Abid pun berjalan kembali ke ruhim, kembali untuk memenuhi kewajiban kami  dalam kumpul departemen. Saya mencoba merenungkan kegilaan kami hari ini. Chaosnya kami hari ini, KSR luar biasa kami di hari ini. Target semula, proposal sudah masuk ke dekanat sebelum jam 2, ternyata tidak tercapai. Tapi, entah kenapa..

SAYA MERASA BAHAGIA.

Tidak perlu jalan-jalan ke Venecia, tidak perlu belanja di Dolce and Gabbana, tidak perlu keluar masuk Jatinangor Town Square untuk sekedar cari kesenangan. Dengan berkeringat begini pun, saya ternyata  merasa bahagia. Bahagia itu ada di hati. Bukan di tempat lain.

Dan saya sadar sepenuhnya bahwa ada alasan utama saya dan kawan-kawan pengurus lain mau melakukan ini. Ternyata karena HIFI yang begitu hidup. Iya, hidup di hati kami. 



4 komentar:

  1. Aduuuuuuuuh bacanya capeeeek deg2an hahahaha

    BalasHapus
  2. wadduuuhhhh,seandainya dulu di videoinn, pasti rame dil ckckck

    BalasHapus
  3. ngakakkk bikin dokumenternya aja dil

    BalasHapus
  4. bikin dokumenternya.. -_- entar isinya KSR semua..

    BalasHapus