Rabu, 01 Juli 2015

Afgan

Wkwkwkwk, apa ekspektasi kalian saat baca judul tulisan ini? 
Nggak kok, saya gak akan ngomongin si Afgan. Saya mau ngomongin 'Jodoh pasti Bertemu'. hahahaha

Jadi gini gan, 
Saya masih belum dapat membayangkan sebenarnya. Apa benar, kita bisa mengusahakan jodoh kita?

Kan, jodoh sudah ada yang ngatur. Inilah yang selama ini saya yakini. Yang selama ini telah menyebabkan saya menjadi begini. Begitu malas memperhatikan diri. Malas mengurus diri. Ya karena itu. Jodoh juga udah ada yang ngatur. Kita mau ngapain-ngapain juga, nyantai aja lah kan udah ada jodoh mah.

Awalnya semuanya lancar-lancar saja. Sampai menjelang usia kepala dua, protes dari berbagai arah 
mulai terdengar. Komplain terhadap sikap saya yang acuh tak acuh pada diri sendiri, bagaikan guyuran air hujan. Begitu deras. Hmm.. saya masih tak peduli.    

Lalu seiring waktu, ada banyak orang bilang, bahwa jodoh akan sepadan dengan kita sendiri. Kalau kita baik, maka jodoh akan baik. Kalau kita nakal, ya jodoh kita sebelas dua belas ama kita. Kemudian cibiran makin keras saja.

‘Si Adil kan ke-laki2-an banget yah, suaminya pasti ke-cewe2-an.’
‘Kamu teh jangan gini terus atuh, mau dapet suami yang kelakuannya kayak kamu juga?’

Wah. Apa iya begitu? Kan semua sudah ada Tuhan yang ngatur. Tapi perlahan, saya memang mulai ragu. Ya secara logika bener juga sih. Ibaratnya nih, kalo saya bertahan di rumah (zona nyaman), dan ga kemana-mana, yaa kemungkinan besar jodohnya orang sekitaran rumah. Tapi kalau saya berkembang, melanglang buana  ke mana-mana, yaa kemungkinan besar juga jodoh saya bisa ada dimana-mana. Hahahaha

Terganggu dengan logika seperti itu, saya mulai agak memperhatikan diri sendiri. Mencoba lebih baik, mengasah kekurangan menjadi kelebihan, dan memdalami kelebihan agar menjadi kekuatan. Tapi tetep lah, orang-orang sekitar masih berucap hingga telinga saya berdengung. Kadang, orang Indonesia, saking pedulinya pada orang lain, jadi tidak peduli pada diri sendiri. -_-

Kemudian ada lagi yang terbaru, seseorang berkata, bahwa dia harus memperjuangkan seseorang untuk menjadi jodoh dia. Hmm, wah ini tahap selanjutnya man. Kalau tahap yang saya jalani kan, masih memperjuangkan diri sendiri untuk dapat jodoh yang sepadan siapapun itu. Nah kalo orang ini, sebut dia SR, udah memilih orang, dan memperjuangkan seseorang itu. Dia bilang, ‘cewe itu hanya tentang menunggu, makanya bisa aja ngomong ‘semua udah ada jodohnya’. Tapi cowo itu yang ngejar, jadi kita yang perjuangin jodoh kita.’

Hmmm.. sudah kuduga. -_-
saya ngerti sih logika dia. Tapi ga kebayang aja, apa konsep dia bisa nge-blend sama konsep ‘setiap orang sudah ada jodohnya masing-masing’. Tapi, mengingat jodoh atau teman hidup, adalah sesuatu yang amat krusial bagi kehidupan tiap manusia, yang akan hidup bersama kita dan melalui kefanaan dunia ini bersama – sama, mungkin benar kalau kita harus perjuangkan seseorang yang kita inginkan untuk menjalani kehidupan bersama.

Jadi, gimana?
Gak gimana – gimana.
Ternyata usia semakin bertambah, pilihan semakin banyak. Maka pusinglah kita. Hahahaha
Ga jelas kan? Lah wong ga jelas juga adalah pilihan. 


Pukul 06.25  

4 komentar: